Senin, 31 Oktober 2011

Tips Ketika Hati Gundah


Ada lima langkahyang dapat dilakukan ketika kita sedang sedih atau gundah. Insya Alloh jika melakukannya dengan benar, semua masalh itu akan teratasi.

BERWUDHU...
Stress menjadikan jiwa tak tenang. Kegalauan jiwa sangat berpotensi mengacaukan hal-hal pekerjaan yang lain. Oleh karena itu, air wudhu dapat mendinginkan jasad dan ruh yang memanas. Sebab dengannya kita berwudhu, dapat menenangkan fisik dan psikis yang lagi ngedrop atau gelisah.

SHOLAT DUA RAKAAT...
Kebanyakan orang sering melarikan diri dari masalh dengan cara tidur seharian, dengan harapan agar fikiran jadi fressh kembali ketika bangun nanti. Serta dapat meluruskan kembali urat-urat syaraf ke kondisi normal. Cara ini sebenarnya baik, namun ada yang lebih baik lagi, yaitu sholat dua rakaat. Dengan sholat kita bisa berdo’a kepada Alloh agar dapat di mudahkan dalam menghadapi masalh-masalah yang dirasa berat itu. Memohon pertolongan kepada-Nya atas segala msalah atau musibah yang sedang di hadapi. Rasulullah SAW pun biasa mengistirahatkan diri dikala lelah dengan sholat. Meentramkan hati dengan berkomunikasi khusyu’ dengan-Nya.

MEMBACA AL-QUR’AN...
Kalau hati lagi kesal, banyak ungkapan, keluhan atau umpatan kasar yang refleks terucap dari mulut kita. Sebuah ungkapan emosi yang tidak akan menyelesaikan masalah, yang ada malah menambah masalah baru yang dapat memperumit masalah itu. Ada nih, cara terbaik agar emosi itu tidak di ungkapkan dengan ucapan yang negative. Yaitu dengan membaca Qur’an. Alihkan semua ucapn-ucapan jelek itu, dengan ucapan-ucapan yang baik. Dengan membaca Al-Qur’an, di jamin rasa sedih,gundah,kesal atau sejenisnya pasti akan hilang. Sebab Al-Qur,an itu sendiri adalah jawaban dari semua permasalahan kita di dunia ini.

BERDO’A...
Bukankah kita telah sepakat bahwa semua ujian itu datangnya dari Alloh? Lantas kemana kita harus mengadu serta meminta pertolongan? Tentu gak ada jawaban lain selain kepada Alloh SWT. Dzat pengampun lagi penyayang. Sebab, Dia-lah yang tau persis jalan keluar dari masalh kita.

TAWAKAL...
Setelah empat langkah di atas dilaksanakan dengan sempurna, tentu refleksi dari itu semua adalah berserah diri atau tawakal. Berserah diri sepenuhnya kepada Alloh. Karena sesuatu harapan yang kita anggap lebih baik atau sempurna,belum temtu yang terbaik menurut Alloh. Sebab, sepandai-pandainya jangkauan otak manusia, tetap tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi besok lusa dan setelahnya, betulkan? Maka, dari itu serahkan sepenuhnya kepada Alloh, yakinlah skenario Alloh itu jauh lebih indah. Dari pada angan-angan kita.


Insya Alloh....^_^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tampilkan